Cegah Karhutla, KPH Kubu Raya Mantap Kembangkan Desa Percontohan

KUBU RAYA -Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya, Amung Hidayat mengatakan KPH bersama pihak desa memantapkan pengembangan desa percontohan di Kubu Raya. Ini sebagai upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). "Ini ada desa Lingga, Tekuk Bakung, Rasau Jaya dan Limbung. Empat desa ini rawan terjadi karhutla," bebernya kepada Tribun Pontianak.

 

Lebih lanjutnya, Amung menuturkan program ini juga di sebut sebagai desa belajar. Bahkan, disinyalir dapat berjalan efektif bersinergi dengan pihak desa. "Dapat diterapkan secara efektif, kita padu serasikan antara potensi dan kearifan lokal yang berkembang di desa," jelas Amung Hidayat. Menurut Amung, KPH terus menekankan upaya preventif sebagai pencegahan Karhutla di Kubu Raya."Upaya ini lebih murah daripada penanggulangan Karhutla. Kemudian pengoptimalan lembaga desa dan masyarakat setempat," terangnya. Dalam mengatasi persoalan Karhutla di Kubu Raya, Amung menegaskan agar tidak berfokus pada dampak yang ditimbulkan. Namun harus lebih menekankan penyebab Karhutla bisa terjadi.

Selanjutnya, Amung menungkapkan, untuk tahap selanjutnya KPH, lembaga desa dan pihak terkait akan melaksanakan pertemuan khusus bersama pemangku kepentingan. "Nanti ada rapat koordinasi lebih besar yang di pimpin Pak Bupati Kubu Raya," imbuhnya. Selain itu, terkait penerapan sumur bor di 828 titik, termasuk di empat desa percontohan. Amung menjelaskan dana yang digunakan tidak sepenuhnya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) maupun dana desa. "Sehingga diperlukan juga dana CSR dari perusahaan. Tinggal teknisnya saja yang akan kita komunikasikan nanti," katanya.

Amung pun berharap agar pencegahan Karhutla ini, dapat segera terealisasi. KPH pun meminta bersama pemerintah kabupaten maupun desa, agar saling sinergi. "Saling mendukung agar di tahun berikutnya Karhutla dapat di minimalisir. Untuk data-data desa akan kita sinkronkan dengan pemerintah desa," ungkapnya.


Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2019/10/24/cegah-karhutla-kph-kubu-raya-mantap-kembangkan-desa-percontohan

Add comment


Security code
Refresh

Dinas Kehutanan Kalimantan Barat

 

Contact
Jl. Sultan Abdulrahman No. 137 Kota Pontianak, Kalimantan Barat

 dinaskehutanan.kalbarprov@gmail.com
 +62 561 734029